18 Oktober, 2012

Tips Hiking

GriyaWisata.com -  Berpetualang mendaki gunung merupakan hal yang sangat menyenagkan, namun untuk anda yang pendaki pemula pendakian gunung jangan pernah anda anggap enteng. Karena untuk pendakian pemula itu perlu persiapan khusus, jika melakukan pendakian tidak di landasi dengan persiapan maka akibatnya akan fatal. Dan bagi anda yang ingin mendaki gunung, cobalah ikuti  tips di bawah ini.

Berikut Tipsnya :



1. Mengecek Dahulu Lokasi Pendakian
 Sebelum untuk memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui track pendakian. Karena hal itu untuk mengetahui apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki.

2. Olahraga Minimal Sebulan Sebelum Pendakian
Berlahraga sebelum memulai pendakian sangat  penting untuk dilakukan karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Medan yang tidak biasa, semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia untuk mendaki gunung.

3. Membawa Barang yang Penting Saja
 Pilihlah barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung. Membawa barang yang belum tentu digunakan di gunung, hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian, misalnya boneka.

4. Sleeping bag dan Tenda
Untuk perlengkapan tidur diperlukan tenda dan sleeping bag . Bawalah tenda yang baik dan sarung tidur (sleeping bag). Sleeping bag mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik, kecuali bagian kepala atau muka.

5. Membawa Jaket/Pakaian Hangat
Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung.

6. Memakai Ransel (carrier).
Carrier atau tas besar adalah perlengkapan utama dalam pendakian. Carrier ini berguna untuk menampung seluruh perbekalan dan peralatan yang akan di bawa dalam pendakian.

7. Memakai Sepatu Hiking.
 Kegiatan utama dalam mendaki gunung adalah berjalan dan perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan. Kaki harus terlindung agar tidak terluka di sepanjang perjalanann. Sepasang sepatu hiking sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian.


8. Perlengkapan Memasak dan Makanan.
Perlengkapan memasak dan makanan yang cukup adalah salah satu perlengkapan yang harus di bawa pada saat melakukan pendakian. Memasak dengan kayu bakar memang dapat dilakukan tapi sangatlah sulit memasak menggunakan kayu bakar di gunung.

9. Perlengkapan obat P3K.
Perlengkapan obat P3K adalah perlengkapan yang harus dibawa pendaki. Sebaiknya bawalah peralatan medis, seperti obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.

10. Jas Hujan.

Alat ini sangat diperlukan terutama untuk mengantisipasi jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat.

Da persiapkan mental anda dan juga, cek kesehatan anda dulu kedokte, karena untuk mendaki gunung ini membutuhkan stamina yang stabil, bila anda merasa tidak enak badan sebaiknya anda menunda untuk melaukukan aktifitas ini.[tk]

Sumber : GriyaWisata

Tidak ada komentar: